Perut Kembung Pada Anak

Perut kembung pada bayi sering terjadi. Keadaan ini membuat bayi tidak nyaman, sering kali membuat bayi menolak mengisap ASI atau sebaliknya mengisap ASI berlebihan untuk mengurangi rasa tidak nyamannya. Sayangnya, semakin lama bayi melakukan itu, semakin parah kembungnya.

Kembung terjadi karena terlalu banyak udara masuk ke dalam pencernaan bayi saat ia menyusui atau menangis, atau saat udara dingin. Ada pula kembung yang disebabkan gangguan ginjal atau pencernaan, tetapi ini jarang terjadi pada bayi.

Untuk mengetahui apakah perut bayi kembung atau tidak, rabalah perutnya. Perut kembung sedikit keras dibandingkan perut normal. Selain itu, perut kembung sering mengeluarkan suara-suara seperti udara bergerak dan jika perut di tepuk akan terdengar suara “bung-bung”. Sebaiknya jangan terlalu sering menepuk-nepuk perut bayi kembung meskipun tepukan itu pelan.

Kembung bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan kecuali jika terjadi terus menerus dan membuat bati menangis keras. Untuk menanganinya, sendawakan bayi agar udara diperutnya keluar, balurkan minyak telon diperut, punggung juga kakinya. Selain itu, ganti baju bayi yang basah oleh keringat dengan baju kering. Gunakan gurita agar bayi lebih hangat, tetapi jangan mengikatnya terlalu keras.

Pengobatan kembung pada anak yaitu dengan memberikan obat antasida atau obat antiflatulen. Saat anak mengalami kembung, bisa dicoba pengobatan alternatif menggunakan parutan bawang dicampur dengan minyak telon (untuk bayi) atau minyak kayu putih untuk anak diatas 1 tahun. Dibalurkan ke perut dan daerah badan bagian belakang.


=====================================

>>> Cara Mengobati Perut Kembung dan Mengatasi Penyebab Perut Kembung Dengan Nutrisi Gandum Talbinah, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>