Perut Kembung

Setiap orang mungkin pernah mengalami perut kembung. Pastinya membuat tidak nyaman, apalagi ditambah nyeri di daerah pencernaan. Masalah ini bisa menyebabkan nafsu makan hilang, aktivitas juga terganggu. Meski terganggu, tetapi masih banyak orang yang tidak perduli saat perut kembung menghampiri. Padahal perut kembung bisa menyebabkan segala macam penyakit.

Ketidakcocokan makanan dapat membuat perut kembung, walaupun hal ini bukan merupakan kejadan yang umum  seperti yang anda kira. Jika penyebab perut kembung adalah makanan yang tidak perlu di makan, anda bisa berhenti mengonsumsi makanan tersebut selama beberapa minggi untuk merasakan perubahannya. Jangan mengurangi semua makanan dalam satu kelompok makanan, seperti produk susu, atau makanan yang sulit dihindari seperti padi-padian. Cobalah melihat reaksi tubuh anda dengan mengurangi konsumsinya. Catat setiap kali anda merasa kembung untuk melihat hubungannya dengan makanan tertentu, lalu konsultasikan haal ini dengan dokter untuk direkomendasikan ke ahli gizi.

Perut kembung terasa bila sedang tidak enak badan, seperti masuk angin, badan lemas dan perut yang berbunyi saat ditepuk merupakan salah satu gejalanya. Tidak heran kalau masuk angin disamakan dengan perut kembung. Perut kembung terjadi saat terlalu banyak gas didalam tubuh, dan sering berhadapan dengan angin seperti saat mengendarai motor terus-menerus, nafsu makan pun berkurang karena perut kita akan terasa lebih kenyang meskipun baru makan sedikit dan sering bersendawa.

Penyebab Perut Kembung Bisa Terjadi, diantaranya adalah :

1. Tergantung Makanan Dan Minuman

Angin bukan salah satu penyebab perut kembung. Ternyata, makanan dan minuman tertentu juga bisa menyebabkan munculnya gas yang terlalu over di tubuh kita, seperti sayuran berwarna putih seperti kol dan sawi. Bila terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini akan menyebabkan perut merasa penuh dengan gas. Makanan berlemak pun bisa menjadi penyebabnya seperti cokelat, keju. Karena makanan berlemak bisa menghambat pengosongan makanan di perut dan membuat perut terasa kenyang. Kembung yang disebabkan makanan berlemak biasanya terasa di perut bagian bawah pusar. Dan sebaliknya, perut bagian atas di dekat ulu hati menjadi kembung bila kita mengkonsumsi minuman yang bersoda terlalu over. Bisa juga saat perut lapar dan perut kosong kita meminum-minuman soda. Perut kembung yang disebabkan makanan dan minuman hanya bersifat sementara. Jadi, batasi mengkonsumsi makanan berlemak dan minuman bersoda yang masuk ke dalam tubuh.

2. Gejala penyakit

Selain karena salah mengkonsumsi makanan berlemak dan minuman bersoda, perut kembung juga terjadi kerena berbagai dari gejala penyakit. Banyak orang menganggap perut kembung sebagai suatu penyakit, apalagi kalau bukan penyakit maag atau gastristis. Padahal, perut kembung bukanlah suatu jenis penyakit, melainkan hanya gejala dari penyakit yang menyerang lambung. Bila perut terasa penuh dan merasa tidak nyaman di daerah ulu hati, maka kembung yang kita rasakan adalah tanda-tanda dari penyakit maag atau yang sering dikenal dengan dispepsia. Saat ingin makan maupun setelah makan perut terasa kembung. Tetapi kembung bukan hanya gejala dari penyakit maag saja, tapi beberapa penyakit yang tidak kalah serius seperti lever maupun kencing manis juga ditandai oleh gangguan seperti ini. Bila terasa sering kembung bukan karena menderita maag atau mengkonsumsi makanan berlemak atau minuman bersoda, maka kita harus periksakan diri ke dokter. Dikhwatirkan kondisi tersebut merupakan gejala penyakit kronis seperti lever, empedu, atau pankreas.

Perut kembung juga dialami oleh orang yang mengalami gangguan empedunya.Begitu juga bagi mereka yang muncul masalah di empedunya, seperti adanya batu sehingga sering mengalami peradangan. Perut kembung juga bisa menjadi salah satu tanda dari usus 12 jari yang terluka sehingga menyebabkan asam lambung yang over. Penyakit sistematik seperti kencing manis juga salah satu penyebab perut terasa kembung. Sebaiknya kita perlu mengontrol gula darah kita, untuk mencegah gangguan ini.

Cara Mengatasi Perut Kembung, diantaranya adalah :

Untuk mengembalikan dan menghilangkan perut kembung, sebelumnya kita harus mencari penyebab dari perut kembung. Bila sakit maag, kita harus menyembuhkan dulu secara tuntas seperti makan teratur, walau hanya sedikit tetapi sering pasti bisa mencegah kembung. Biasakan juga kurangi dan bahkan berhenti mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dan minuman bersoda. Bila tiba-tiba merasa kembung, jangan merasa stres dan panik karena stres yang over justru akan membuat perut kembung semakin parah. Yang harus dilakukan bersikap tenang dengan mengkompres perut dengan botol plastik berisi air hangat atau minuman yang hangat seperti teh manis hangat, atau menggosokan minyak angin di perut juga cukup baik untuk menenangkan kembung.

Dan bisa juga meminum obat-obatan simetchicone sesuai kebutuhan untuk menetralisir gas di lambung, tapi sebaiknya jangan tergantung pada obat-obatan karena penggunaan obat yang dijual bebas di pasaran ada batasnya, paling lama 3 hari saja mengkonsumsi obat-obatan tersebut, tidak lebih. Bila dalam tiga hari kita masih merasakan perut kembung, maka kita harus pergi ke dokter.


=====================================

>>> Cara Mengobati Perut Kembung dan Mengatasi Penyebab Perut Kembung Dengan Nutrisi Gandum Talbinah, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Perut Kembung and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>